blogpost1

Pengusaha Muda Indonesia Meningkat, SOHO Semakin Dibutuhkan

Millenniumcity, Serpong – SOHO memiliki banyak kelebihan yang dapat menjadi andalan untuk menggeser ruko di sejumlah wilayah Indonesia. SOHO akan lebih tumbuh karena saat ini Ruko tidak lagi dianggap efisien. Ruko yang biasanya memiliki tiga hingga empat lantai, dan mayoritas hanya terpakai dua lantai sedangkan sisanya untuk ruang penyimpanan. SOHO yang menghadirkan konsep dua lantai bisa lebih memaksimalkan setiap sudut ruangan menjadi terpakai. Lokasi SOHO yang lebih premium biasanya memiliki fasilitas yang didesain terhubung dengan hunian. Pengguna SOHO pun bisa memaksimalkan fasilitas hunian dan ini sebagian dari keuntungan jika Anda memilih SOHO dibanding ruko. Dari sisi harga pun berbeda, harga jual ruko sekitar Rp 4 miliar – Rp 5 miliar, sedangkan SOHO berada di level harga lebih rendah sekitar Rp 2,5 miliar dengan luasan 80 m2-120 m2. Banyak perusahaan digital semacam web design, arsitek, atau notaris yang tertarik untuk menempati SOHO. Ruko yang tergeserkan oleh SOHO karena kondisi itu menyesuaikan dengan gencarnya generasi mudah yang memulai perusahaan rintisan. Pasar SOHO masih menjanjikan dengan tercatatnya produktivitas 20 juta generasi muda yang ke depannya berpotensi menjadi pelaku usaha professional. Menurut data BPS, jumlah wirausaha muda yang ada di Indonesia memiliki persentase sebesar 3,10% dari total populasi. Hal ini mengindikasikan bahwa gairah untuk menjalankan bisnis semakin meningkat di Indonesia. Oleh karena itu, kebutuhan akan ruang kantor yang efisien, dinamis, dan praktis seperti SOHO menjadi populer. Konsep SOHO menjadi solusi bagi para pebisnis mengatasi kemacetan di pusat kota yang kian parah dan akan ‘membuang’ waktu di jalan untuk bolak-balik dari rumah ke kantor. Belum lagi masalah yang berkaitan dengan kendaraan. Pengamat property Indonesia Property Watch mengatakan, di beberapa Negara maju seperti Jepang, Korea, dan Singapura, konsep SOHO turut menopang perkembangan usahawan muda yang tinggal di pusat kota. Di sejumlah Negara, standarisasi SOHO adalah mutlak dan mendapatkan pengawasan yang ketat dari pihak pengelola properti. Standarisasi SOHO mencakup standarisasi keamanan dan keselamatan unit bangunan berbagai tempat beraktivitas layaknya kantor pada umumnya. Standarisasi keamanan dan keselamatan juga harus berlaku untuk aktivitas rumah tangga. Sebelum membelinya pastikan bahwa SOHO yang ditempati telah memenuhi standar yang sama dengan bangunan perkantoran baik perkantoran modern maupun konvensional. (EC)