blogpost1

Manfaat Kawasan Hijau di Kota Mandiri Millennium City Serpong

Millenniumcity, Serpong – Kota mandiri baru di Serpong Millennium City menawarkan kawasan yang hijau dan Asri. Millennium City mendedikasikan hampir 50% dari total luas wilayahnya sebagai ruang terbuka hijau sehingga penghuni nantinya dapat menikmati barisan pepohonan yang ada di dalam kawasan kota. Selain memperindah lanskap kota, kawasan ruang terbuka hijau memiliki berbagai manfaat yang dapat Anda nikmati. Berikut ini beberapa manfaat dari ruang terbuka hijau Millennium City yang dapat Anda nikmati.

1. Meningkatkan kualitas udara

Pepohonan, semak, dan tanah berumput mampu menghilangkan asap, debum dan polutan lainnya dari udara. Setiap tahun, sebatang pohon mampu menghilangkan hingga 11 kilogram karbon dioksida dari atmosfer, setara dengan emisi yang dihasilkan oleh sebuah mobil yang sudah berjalan sejauh 11.000 mil. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kawasan pepohonan seluas 1 acre atau sekitar 4,000 m2 dapat menyerap hingga 13 ton gas dan partikel polutan setiap tahunnya. Dengan demikian, jelaslah bahwa ruang terbuka hijau memiliki dampak yang sangat positif bagi peningkatan kualitas udara.

2. Menurunkan Stres

Keberadaan ruang terbuka hijau di dalam suatu wilayah perkotaan ternyata juga dapat menurunkan stres yang dialami oleh penduduknya. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Environment and Behavior menemukan bahwa “dengan meningkatkan sumber daya perhatian anak-anak, ruang terbuka hijau dapat memungkinkan mereka untuk berpikir lebih jernih dan menghadapi stres dari kegiatan sehari-hari dengan lebih efektif”. Hal ini juga dapat diterapkan terhadap orang dewasa yang juga mengalami berbagai macam tekanan dari kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan.

3. Menurunkan biaya pendingin ruangan

Sebagian besar penduduk perkotaan memasang pendingin ruangan (AC) di dalam rumah mereka karena selain merupakan daerah tropis, kota-kota besar di Indonesia memiliki suhu udara yang cukup tinggi dibandingkan dengan pinggiran kota. Sering kali karena terlalu sering menggunakan AC, biaya penggunaan listrik yang dibayarkan juga membengkak. Adanya ruang terbuka hijau di suatu wilayah dapat menurunkan suhu udara di daerah itu yang berhubungan erat dengan kadar gas karbon dioksida dan polutan lain yang ada di dalam atmosfer. Hal ini berdampak sangat baik kepada pengeluaran rumah tangga Anda karena Anda tidak lagi harus menggunakan pendingin ruangan Anda secara terus-menerus.

4. Menjaga kualitas air tanah

Dengan menerapkan perencanaan lanskap kota yang tepat, adanya ruang terbuka hijau di dalam kota juga dapat menurunkan tingkat peluluhan nitrat dari dalam tanah ke dalam persediaan air tanah. Ruang terbuka hijau juga membantu mengurangi limpasan air, dan dengan demikian mencegah zat fosfor dan zat polutan lainnya untuk masuk ke dalam saluran air dan mencegah kelebihan beban pada sistem septik.

Melihat berbagai macam manfaat yang didapatkan dari adanya ruang terbuka hijau di dalam kota tentu saja akan membuat Anda untuk berpikir lebih masak ketika akan membeli rumah idaman keluarga Anda. Millennium City menyadari akan manfaat-manfaat ini sehingga mendedikasikan hampir 50% dari total wilayah kota baru mandiri di Serpong ini sebagai ruang terbuka hijau. Dengan demikian, para penghuni Millennium City Serpong nantinya akan dapat menikmati sebuah kota mandiri modern yang sejuk dan asri dengan fasilitas premium berstandar internasional. (IDA)