blogpost1

Tips Rumah Aman saat Mudik di Millennium City Serpong

Millenniumcity, Serpong Musim lebaran identik dengan ritual mudik untuk bertemu sanak saudara dan keluarga di kampung halaman. Namun, keamanan rumah juga perlu diperhatikan. Berikut 6 tips keamanan untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik.

1. Cabut semua aliran listrik

Selain menghemat pengeluaran buat bayar listrik, mencabut aliran listrik yang sekiranya tidak perlu harus menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. tentu saja kamu wajib mencabut kabel dari stop kontak televisi, radio, kulkas, penanak nasi, kipas angin, hingga AC.

2. Cabut regulator kompor gas

Hal yang sering dilupakan banyak penghuni rumah ketika mudik adalah mencabut regulator kompor gas. Beberapa ahli menegaskan mematikan tombol kompor gas tanpa mencabut selang regulator gas sebelum sepenuhnya aman. karena bisa saja ada percikan api yang tidak diketahui bisa menyambar gas dan berpotensi menjadikan rumah kebakaran.

3. Pastikan semua kran air ditutup

Tak sedikit para pelanggan PDAM kaget karena tagihan bulanan yang membengkak. Hal itu disebabkan karena kran air yang bocor atau tanpa diketahui menetes dengan volume yang kecil. Untuk lebih aman, kamu bisa matikan saluran PDAM di kran pusat yang ada di rumah, sehingga alirannya dipastikan berhenti.

4. Jangan biarkan rumah tampak kosong

Momen lebaran adalah waktu yang paling ditunggu oleh maling. Agar rumah tidak tampak kosong, kamu bisa menyalakan lampu luar atau beberapa titik rumah yang memerlukan cahaya ketika malam. Akan lebih baik lagi kalau kamu memasang lampu otomatis yang bisa menyala di malam hari dan mati otomatis di siang hari. Kamu juga bisa menyusun beberapa sandal di depan pintu rumah agar terlihat ada penghuninya.

5. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci

Hal yang paling penting saat meninggalkan rumah saat mudik adalah mengunci semua akses masuk seperti pintu dan jendela. Gunakan jenis kunci pintu yang bisa mempersulit akses para maling, karena biasanya maling masuk melalui pintu dengan cara membongkar lubang kunci.Usahakan jendela rumahmu memiliki teralis untuk mempersulit akses maling.

6. Titipkan kepada orang yang dipercaya

Lapor kepada pihak berwenang, seperti RT atau memberitahu tetangga sekitar jika rumah dalam keadaan kosong, atau jika di perumahan beri tahu satpam.