blogpost1

Rumah Dengan Area Hijau Terbaik Hanya Di Millennium City

Millenniumcity, Serpong Memiliki hunian dengan banyaknya tumbuhan hijau di lingkungan rumah pasti membuat udara semakin sejuk dan asri. Dengan 50% lahan hijau yang dimiliki Millenniujm City menyumbang banyak oksigen bagi penghuni membuat lingkungan rumah tidak gersang akan teriknya sinar matahari. Tanaman hijau di luar rumah belum dirasa cukup? Anda ingin memelihara tanaman indoor agar rumah semakin segar dan nyaman? Meskipun tanaman hijau berada di dalam ruangan, harus tetap dijaga loh! Simak tips merawat tanaman hijau di rumah Millennium City, berikut ini!

1. Perhatikan Media Tanam

Umumnya, tanaman di dalam ruangan pasti menggunakan pot sebagai media tanam. Untuk itu sebelum ditanami tanaman, buatlah tanah didalam pot menjadi humus dengan cara memberikan pupuk kadang atau pupuk kompos agar nutrisi tanah di dalam pot dapat memenuhi kebutuhan tanaman.

2. Intensitas Air Saat Penyiraman

Sudah menjadi hal lumrah bagi tanaman untuk membutuhkan air agar tetap hidup. Air tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah dan membuat tanaman tidak menjadi kering. Namun ada satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan saat memberikan air kepada tanaman, jangan biarkan air tergenang di dalam pot karena akan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk. Untuk itu, Anda bisa menyiram tanaman secara perlahan saat pagi dan petang. Berikan intensitas yang sama setiap harinya untuk menghindari air menjadi tergenang di dalam pot.

3. Sesuaikan Karakteristik Tanaman dan Suhu Ruangan

Inilah cara mudah merawat tanaman hias di dalam rumah. Setiap tanaman memiliki kebutuhan suhu yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, lebih disarankan untuk menanam tanaman yang bisa hidup dengan suhu ruangan, atau yang berkisar di 25C. Hal ini bertujuan agar proses merawat tanaman menjadi lebih gampang.

4. Berikan Cahaya Matahari yang Cukup

Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk dapat hidup. Namun saat berada di dalam ruangan, mereka akan kekurangan nutrisi dari cahaya matahari karena terlindung oleh atap ataupun dinding ruangan. Untuk itu, Anda perlu mengeluarkan tumbuhan ke luar ruangan minimal 1 kali dua minggu agar kebutuhan cahaya matahari dapat tercukupi. Tapi saat diluar ruangan, hindari cahaya matahari langsung, karena itu justru dapat merusak tanaman.

5. Jaga Kestabilan Kelembaban Udara

Saat Anda memakai AC di dalam ruangan, itu dapat menurunkan kelembaban udara. Hal itu juga berdampak langsung pada tanaman, seperti daun yang menjadi layu atau justru berubah menjadi kecoklatan. Untuk mengatasi hal itu, cukup dengan meletakkan wadah berisi air atau kerikil yang sudah dibasahi di sekitar tanaman. Air yang menguap akan menaikkan kelembaban udara di sekitar tanaman.

6. Berikan Pupuk

Meskipun tanaman yang Anda tanam di dalam ruangan adalah tanaman kecil, namun mereka tetap memerlukan pupuk agar tetap tumbuh dengan baik. Pemupukan untuk tanaman di dalam ruangan pun sebenarnya dapat dilakukan dengan cara sederhana saja. Cukup diberikan sekali dua minggu untuk mencukupi nutrisi tanaman.

7. Ganti Pot Secara Berkala

Tanaman tidak bisa selamanya hidup di dalam pot yang sama. Untuk itu, kamu perlu mengganti pot secara berkala sesuai dengan perkembangan tanaman. Perhatikan ukuran pot saat menggantinya dengan yang baru, pastikan pot tersebut memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang pot yang sebelumnya. Tujuannya agar akar tanaman memiliki ruang yang lebih untuk tumbuh.

8. Bersihkan Tanaman dari Debu

Debu atau kotoran yang hinggap pada daun-daun tanaman dapat merusak keindahan bunga. Selain itu, debu tersebut juga dapat masuk kedalam pori-pori daun, sehingga menghalangi proses fotosintesis karena cahaya matahari terlahang oleh debu. Caranya sangat mudah, untuk membersihkan debu dari tanaman, kamu bisa menyemprotkan air menggunakan sprayer tangan.

9. Pemangkasan

Debu atau kotoran yang hinggap pada daun-daun tanaman dapat merusak keindahan bunga. Selain itu, debu tersebut juga dapat masuk kedalam pori-pori daun, sehingga menghalangi proses fotosintesis karena cahaya matahari terlahang oleh debu. Caranya sangat mudah, untuk membersihkan debu dari tanaman, kamu bisa menyemprotkan air menggunakan sprayer tangan. (EC)