blogpost1

Tips Olahraga Setelah Hari Raya Idul Adha Di Lingkungan Perumahan

Millenniumcity, Serpong Banyak cerita setelah perayaan Idul Adha berlangsung, salah satunya adalah penurunan kesehatan yang terjadi setelah menyantap menu hidangan kambing. Daging kambing memang identic dengan kolesterol dan darah tinggi, sehingga banyak orang yang mengalami kedua jenis penyakit tersebut usai memakannya.

Membatasi jumlah konsumsi bisa dibilang bijak dalam hal ini, tetapi akan lebih baik lagi Anda mengimbanginya dengan cara olahraga setelah Idul Adha. Seperti yang diketahui bahawa olahraga memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh Anda, dengan melakukan olahraga aliran darah pada tubuh akan menjadi lancar. Berikut adalah olahraga setelah Idul Adha, untuk mengurangi resiko penyakit kolesterol.

1. Bersepeda

Olahraga setelah Idul Adha yang dapat Anda lakukan ialah bersepeda. Olahraga yang satu ini dapat merangsang produksi enzim tertentu. Dalam membantu memindahkan kadar kolesterol jahat di dalam darah yang kemudian akan diproses keluar tubuh. Terdapat sebuah penelitian bahwa bersepeda sejauh 20 mil, dalam seminggu mampu mengurangi resiko terserang penyakit jantung coroner sebesar 50%. Selain itu bersepeda dapat membakar kalori sebesar 300 kalori per jam dengan kecepatan sedang.

2. Yoga

Olahraga jenis ini merupakan penggabungan antara gerakan, ketenangan pikiran serta teknik pernapasan. Di mana yoga memberikan gerakan-gerakan yang lebih rileks, meskipun begitu Anda akan banyak mengeluarkan keringat saat melakukan gerakan-gerakan yoga. Penelitian mengatakan bahwa melakukan yoga secara teratur, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 14-15%. Tidak hanya itu kelebihan lainnya adalah yoda dapat membantu meningkatkan kolesterol baik pada tubuh.

3. Aerobik atau Zumba

Berbeda dengan olahraga yoga yang membutuhkan ketenangan, aerobik atau zumba lebih mengutamakan gerakan dengan terus menerus, yang diiringi oleh musik dengan irama terbilang cukup cepat. Maka dari itu, aerobik atau zumba sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena gerakan aerobik atau zumba melakukan gerakan secara terus menerus, membuat organ jantung Anda bekerja memompa darah lebih kuat serta lebih cepat. Ini akan membuat proses pembakaran kalori lebih banyak dari biasanya. Sedangkan kalori yang dibakar berasal dari lemak yang mempengaruhi kolesterol jahat.

4. Tai Chi

Ini merupakan salah satu olahraga dalam cabang bela diri. Saat ini tai chi sudah sangat popular sebagai salah satu olahraga penurun kadar kolesterol tinggi. Gerakan gerakan pada olahraga ini lambat dan halus, walaupun begitu olahraga tai chi mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sekitar 12 15% dan dapat menaikkan kolesterol baik hingga 7%.

Melakukan olahraga tidak hanya bermanfaat untuk penurun kolesterol saja, namun mampu memperlancar peredaran darah Anda sehingga membuat tubuh Anda menjadi sehat dan bugar. Keempat jenis olahraga setelah Idul Adha di atas, bisa Anda praktikan setiap harinya dengan rusai minimal 30 menit agar manfaat baik tersebut bisa Anda rasakan.